Tempat wisata di Sumedang, Jawa Barat, memang mempunyai segudang pesona yang menawan dan memang sayang untuk dilewatkan. Di sini ada banyak sekali jenis-jenis wisata unggulan yang dapat ditemui seperti wisata edukasi, wisata kuliner, wisata dengan wahana permainan, wisata sejarah dan budaya, dan lain-lain.

Memang kota ini terkenal akan destinasi wisata yang masih sangat alami dan indah. Nah, sekarang mari intip beberapa jenis tempat wisata yang ada di Sumedang berikut ini.

Daftar tempat wisata di Sumedang paling banyak dikunjungi

Wisata Air Gajah Depa

Lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Serang no.90, Kecamatan Cimalaka, Sumedang. Wisata yang menawarkan banyak wahana permainan air ini menjadi destinasi wisata yang menarik bagi keluarga khususnya anak-anak.

Wisata Air Gajah Depa
Wisata Air Gajah Depa. (Foto: Dok. YouTube)

Keseruan bisa dirasakan di sini dengan suasana yang ramai. Fasilitas yang ada di tempat ini seperti family slide yaitu papan seluncuran ukuran besar, spiral slide yaitu papan seluncuran spiral, water capsule, water roller, water bullet, dan masih banyak lagi.

Perkemahan Kiara Payung

Bagi kamu yang hobi camping maka bisa coba berkemah di bumi perkemahan Kiara Payung yang ada di Cilayung ini.

Perkemahan Kiara Payung
Perkemahan Kiara Payung. (Foto: Dok. GriskaGunara)

Tempatnya ada di ketinggian sehingga udara serta suasananya sangat sejuk. Tepatnya ada di kaki gunung Manglayang sekitar 1.650 mdpl yang berhadapan dengan gunung Geulis.

Nama Kiara Payung sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti Pohon dan Payung. Tempat ini juga sering dijadikan area kegiatan berkemah pramuka.

Tidak hanya berkemah, kamu juga bisa melakukan banyak hal seperti hunting spot foto, trekking, outbond dan sebagainya.

Situ Biru Cilembang

Ini adalah sebuah destinasi wisata alam Sumedang yang ada di Hariang, Buahdua, Sumedang. Dilihat sekilas memang danau yang super jernih ini hampir mirip dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur.

Situ Biru Cilembang
Situ Biru Cilembang. (Foto: Dok. MerahPutih)

Hanya saja di Situ Biru, pengunjung tak diperbolehkan berenang. Pasalnya Situ Biru masih dipakai untuk sumber air minum bagi penduduk lokal.

Kedalamannya sendiri hanya 3 Meter dengan air berwarna biru super jernih sehingga bisa dijadikan background foto Instagenic.

Kata penduduk setempat juga masih sering ikan-ikan nongol di danau ini.

Saung Cibingbin

Mau liburan seru di kolam renang sambil bersantap kuliner khas Sumedang? Kamu bisa kunjungi objek wisata Saung Cibingbin yang didirikan oleh Hj. Dede Rusmana.

Saung Cibingbin
Saung Cibingbin. (Foto: Dok. Facebook)

Ini merupakan sebuah destinasi rumah makan terkenal yang menyajikan aneka kuliner lezat sambil menikmati pemandangan alam memukau karena di dekatnya terdapat sungai dan hamparan hutan.

Kamu bisa merasakan konsep wisata alam, wisata air dan wisata kuliner Sumedang bersamaan di tempat ini.

Paralayang Batu Dua

Bagi kamu penyuka olahraga yang menantang adrenaline maka kamu bisa mencoba paralayang ekstrem yang ada di Batu Dua.

Paralayang Batu Dua
Paralayang Batu Dua. (Foto: Dok. Disbudpar)

Lokasinya ada di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang dan letaknya ada di lereng bukit kawasan gunung Lingga. Tempat ini dapat menerbangkan paralayang amat tinggi hingga lebih dari 1.000 mdpl.

Tidak hanya coba paralayang, kamu bisa melakukan banyak kegiatan lain seperti menikmati panorama alam hingga berziarah di makam Prabu Tajimalela yaitu Raja Sumedang I.

Curug Gorobog

Curug Gorobog ada di Citengah, Sumedang Selatan, dan di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa air terjun memukau dengan empat tingkat.

Curug Gorobog
Curug Gorobog. (Foto: Dok. TourismCulture)

Di sekelilingnya terdapat hamparan hutan yang asri dengan udara menyejukkan. Tempatnya sendiri tak jauh dari pusat kota sehingga mudah diakses.

Selain air terjun, terdapat fasilitas pendukung lain seperti gazebo untuk tempat bersantai dan toilet. Di sini kamu dapat hunting foto keren maupun berenang.

Tempat wisata di Sumedang masih ada banyak sekali, tapi kamu bisa mendatangi beberapa rekomendasi di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here