Banjarmasin yang merupakan salah satu kota yang ada di Kalimantan Selatan mendapat julukan sebagai Kota Seribu Sungai. Tidak heran banyak tempat wisata di Banjarmasin yang memukau berupa alam.

Bahkan tidak hanya wisata sungai, masih banyak sekali spot-spot liburan menarik yang bisa kamu datangi. Seperti apa? Yuk cek beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota ini.

Daftar tempat wisata di Banjarmasin yang sayang dilewatkan

Pasar Terapung

Keunikan pasar terapung di Banjarmasin mungkin sudah lama dikenal. Pasalnya konsep pasar ini sudah menjadi ikon wisata bagi kota Banjarmasin.

Pasar Terapung
Pasar Terapung. (Foto: Dok. Nonik Hairani)

Di pasar tersebut semua proses jual belinya dilakukan di atas perahu yang mengapung. Ada banyak sekali spot-spot wisata pasar terapung yang dapat dikunjungi.

Sebut saja Pasar Terapung Siring yang berlokasi di Jalan Kapten Tendean No.20, Gadang, Banjarmasin Tengah atau pasar terapung yang ada di Muara Sungai Barito, lokasinya berada di Kuin Utara.

Menara Pandang Banjarmasin

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan kota Banjarmasin yang mempesona, maka silahkan datang ke pinggir Sungai Martapura.

Tepatnya di Menara Pandang Banjarmasin yang menyajikan pemandangan unik kota Banjarmasin dari sudut pandang berbeda.

Menara Pandang Banjarmasin
Menara Pandang Banjarmasin. (Foto: Dok. Disbudpar)

Menara ini terdiri dari sebuah bangunan kokoh dengan 4 lantai dan kamu bisa naik sampai ke lantai paling atas untuk melihat pemandangan kota dari ruang terbuka termasuk indahnya Sungai Martapura.

Tidak heran tempat ini jadi salah satu spot untuk hunting foto Instagenic.

Masjid Sultan Suriansyah

Wisata religi di Banjarmasin bisa kamu lakukan di Masjid Sultan Suriansyah yang sekaligus merupakan masjid tertua yang ada di Kalimantan.

Masjid ini sendiri diperkirakan ada pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah dari tahun 1525 hingga 1550 M. Sultan Suriansyah sendiri merupakan sultan Banjar pertama yang juga memeluk agama Islam.

Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah. (Foto: Dok. Wikipedia)

Daya tarik utama dari masjid ini adalah bentuk desain bangunannya yang unik, seperti bagian atapnya yang berbentuk tumpeng empat.

Masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan bisa jadi destinasi wisata religi menarik.

Pasar Intan Martapura

Pergi ke Banjarmasin rasanya tidak afdol kalau belum membawa oleh-oleh yang bagus. Kamu bisa mencari pernak-pernik cantik di Pasar Intan Martapura.

Pasar Intan Martapura
Pasar Intan Martapura. (Foto: Dok. Meratus Geopark)

Lokasinya ada di Jalan Ahmad Yani, Martapura atau sekitar 45 km dari pusat kota. Memang Martapura sendiri dikenal sebagai kota penghasil batu permata terbesar di tanah air.

Jadi, tidak heran kalau terdapat banyak penjual atau toko batu pertama di kota ini. Kamu bisa membeli batu permata murni atau yang sudah diolah menjadi perhiasan seperti gelang, kalung, bros, cincin, dsb.

Patung Bekantan

Mau berfoto selfie Instagenic dengan latar belakang ikon Banjarmasin? Coba datangi area wisata Patung Bekantan yang jadi maskot kota Banjarmasin.

Patung Bekantan
Patung Bekantan. (Foto: Dok. Foursquare)

Patung ini merupakan patung primate Bekantan dengan tinggi 6,5 meter. Di area ini tidak hanya cocok untuk berburu spot foto, namun warga sekitar juga sering menjadikan area ini untuk tempat olahraga ataupun bersantai.

Datang saja langsung ke lokasinya di Jalan P. Tendean No. 12, Sungai Baru, Banjarmasin Tengah.

Taman Satwa Jahri Saleh

Taman Satwa ini ada di Jalan Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara yang menyimpan banyak koleksi satwa.

Taman Satwa Jahri Saleh
Taman Satwa Jahri Saleh. (Foto: Dok. Banjarmasin Tourism)

Di sini dibagi menjadi beberapa zona satwa sesuai dengan jenisnya seperti zona satwa air, zona unggas, zona rusa, zona primata, dsb.

Di sini kamu bisa membawa anak-anak untuk melihat dan mempelahari tentang berbagai macam satwa. Areanya sangat sejuk sehingga cocok untuk tempat bersantai juga.

Masih ragu dengan tempat wisata di Banjarmasin yang sudah kami rekomendasikan? Kamu bisa coba bagikan spot-spot destinasi menarik lainnya di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here